Asal Usul Kota Bekasi

SEJARAH KOTA BEKASI

Hasil gambar untuk kota bekasi 

Bekasi. Sebuah nama Kota dan Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat namun amat sangat dekat dengan Provinsi DKI Jakarta, khususnya Kota Bekasi yang bahkan menjadi sebuah kota penyangga Ibukota. 

Seperti yang dituliskan dalam jabarprov.go.id. Kota Bekasi mempunyai 12 kecamatan, yang terdiri dari 56 kelurahan, yaitu : Kecamatan Bekasi Barat, Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Bekasi Timur, Kecamatan Bekasi Utara, Kecamatan Pondok Gede, Kecamatan Jatiasih, Kecamatan Bantar Gebang, kecamatan Jatisampurna, Kecamatan Medan Satria, kecamatan Rawalumbu, kecamatan Mustika Jaya dan kecamatan Pondok Melati.

dikutip dari www.tentangbekasi.com.Beberapa waktu silam, wilayah Bekasi sempat menjadi bahan olok-olok masyarakat Ibukota lantaran lokasi menuju Bekasi dinilai sangat jauh. Berbagai macam meme pun sempat meriuhkan media sosial saat Bekasi menjadi bahan ledekan.
Bahkan, Bekasi disebut-sebut sebagai wilayah yang berada diluar planet Bumi. Yang mana jika ingin ke Bekasi harus menggunakan sebuah roket agar bisa tiba diwilayah yang memiliki julukan Bumi Patriot ini.

Tapi ternyata, Bekasi menyimpan banyak sekali sejarah yang amat sangat berpengaruh terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mulai dari masyarakat pribumi Bekasi yang menolak Indonesia dijadikan sebagai negara Republik Indonesia Serikat (RIS), hingga menuntut Pemerintah mengganti wilayah yang dulu merupakan Kabupaten Jatinegara menjadi Kabupaten Bekasi.

Kini Kota Bekasi sudah menjadi sebuah kota maju yang mana pembangunan infrastrukturnya sudah sangat pesat berkembang. Mulai dari sudah banyaknya pusat perbelanjaan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, gedung-gedung investasi seperti apartemen, hotel, dan penerapan sistem-sistem teknologi disetiap lini pemerintahan dan pelayanan masyarakat serta fasilitas umum.
 Hasil gambar untuk perbandingan bekasi dulu dan sekarang 
Meski sudah jauh lebih modern lantaran perkembangan zaman yang semakin pesat, sebagai masyarakat atau penduduk Bekasi harus selalu tau dan paham sejarah tentang wilayah yang dijuluki miniatur Indonesia ini.

Dimulai dari sejarah dan asal mula nama Bekasi. Dalam catatan sejarah, nama “Bekasi” memiliki arti dan nilai sejarah yang khas. Menurut Poerbatjaraka, seorang ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno – Asal mula kata Bekasi, secara filosofis, berasal  dari kata Chandrabhaga.
Chandra berarti “bulan” (dalam bahasa Jawa Kuno, sama  dengan kata Sasi) dan Bhaga berarti “bagian”. Jadi, secara etimologis kata  Chandrabhaga  berarti  bagian dari bulan.
Kata Chandrabhaga berubah menjadi  Bhagasasi  yang pengucapannya  sering disingkat  menjadi  Bhagasi. Kata Bhagasi ini dalam pelafalan bahasa Belanda seringkali ditulis  “Bacassie” kemudian berubah menjadi  Bekasi  hingga kini.

Bekasi dikenal sebagai “Bumi Patriot” lantaran sebuah daerah yang dijaga oleh para pembela tanah air. Dimana para pejuang tersebut berjuang diwilayah Bekasi sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan negeri tercinta dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Komentar